7 Cara Mencintai Diri Sendiri

Kamu yakin sudah mencintai diri sendiri? Coba deh pejamkan mata dan bertanya kepada diri kamu sendiri seberapa sering ingin menyerah akan hidup, seberapa banyak waktu yang terbuang karena memikirkan komentar-komentar orang lain.

Aku yakin kamu masih sibuk mempermasalahkan ketidaksempurnaan seperti yang orang-orang lontarkan tepat menghantam kekhawatiranmu. Seperti hujan di bulan februari yang masih menyapa dengan intens kita belum mampu menerima semua hal yang ada dalam diri kita tanpa terganggu apa kata mereka.

Dimana ucapan orang lain itu lebih penting dari diri kita sendiri. Hingga akhirnya berusaha menjadi apa yang mereka inginkan. Kamu bahkan berteriak menjelaskan arti diri kamu, tetapi apa yang kamu dapatkan? Penghargaan? Penerimaan? Tidak! mereka tetap mengabaikannya.

Seperti penggalan lirik lagu Who Says oleh Selena Gomez.

It’s such a funny thing
How nothing’s funny when it’s you
You tell ‘em what you mean
But they keep whiting out the truth

Kamu adalah kamu dengan segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Hidup kamu terserah padamu bukan apa yang orang lain inginkan. Jadi, mari abaikan mereka dan mulailah mencintai diri sendiri.

Baca Juga: Keajaiban Berpikir Positif

Bagaimana Cara Belajar Mencintai Diri Sendiri?

Akar permasalahan yang membuat kita tidak mampu mencintai diri sendiri adalah mindset terhadap kata “sempurna”. Sempurna itu bukan tentang memiliki wajah yang glowing tanpa cacat. Atau saat memiliki mobil MPV mewah atau bisa beli rumah harga milyaran di lingkungan elit.

Sempurna adalah saat kamu menerima diri sendiri apa adanya. Karenanya, kita hanya perlu mengubah mindset terhadap kata “sempurna” agar nantinya lebih mudah dalam memahami diri sendiri dan mencintai sepenuh hati.
Bukankah sebaik apapun kita, sesempurnanya kita, dimata orang yang tidak menyukai kita maka mereka selalu mencari celah untuk mencaci maki, menghina dan melontarkan kata-kata negatif.

Oleh sebab itu mulailah memilah mana komentar yang bisa diterima dan dihempaskan begitu saja. Toh, dalam hidup kita tidak perlu mencari kesempurnaan karena kita sudah dilahirkan sempurna oleh Tuhan. Yaitu, memiliki hati dan pikiran.

Sekarang bukan lagi waktunya untuk memikirkan apa kata orang, tetapi mulailah untuk mencintai diri sendiri. Jika kita sudah mampu mencintai diri sendiri, yakin hidup kamu akan lebih bahagia dari sekarang dan tidak terganggu dengan ucapan orang lain.

mencintai diri sendiri sepenuh hati

Adapun cara mencintai diri sendiri, yaitu:

1. Menerima Kekurangan Diri Sendiri

Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, termasuk yang tidak menyukai kamu. Cukup dengan menerima kekurangan yang ada dalam diri, maka kita tidak akan mempermasalahkan lagi komentar orang lain. Melainkan akan fokus untuk belajar menjadi lebih baik dari kekurangan tersebut dan menggali potensi yang dimiliki untuk terus berkembang.

2. Bangga dengan Kelebihan

Kamu juga perlu bangga akan kelebihan diri. Walau begitu jangan sampai terlalu terlena dengan kelebihan yang dimiliki sehingga kita lupa untuk selalu rendah diri. Manfaatkanlah kelebihan yang dimiliki sebagai ajang dalam mencintai diri sendiri dan menjadikan hidup penuh manfaat untuk diri kita maupun orang lain.

3. Berpikir Positif

Dengan berpikir positif kita tidak akan terganggu dengan kata “tidak sempurna” dan semua ocehan orang-orang yang hanya menjatuhkan mental kita. Memiliki pikiran positif akan membuat hidup kita lebih bahagia.

4. Memberikan Reward Atas Kerja Keras dan Pencapaian

Memberikan reward tidak hanya kepada orang lain yang sukses atas pencapaiannya. Kamu juga perlu memberikan reward kepada diri sendiri atas kerja keras yang sudah dilakukan apapun hasilnya.

Dalam memberikan reward tidak perlu dengan membeli barang mewah, liburan ke luar negeri, melainkan kamu bisa melakukan hal sederhana. Seperti istirahat seharian tanpa gawai dalam genggaman, menyantap makanan favorit atau melakukan hal yang ingin dilakukan.

5. Menjaga Kesehatan

Dalam mencintai diri sendiri, maka kamu perlu menjaga kesehatan. Baik itu kesehatan mental maupun fisik. Ketika tubuh kita sehat secara fisik maupun rohani maka hanya akan ada kebahagiaan dan kebaikan yang menyertai.

6. Me Time

Terkadang kita butuh waktu untuk diri sendiri tanpa ada gangguan dari luar. Ketika kamu menginginkan hal tersebut, maka lakukanlah. Cari waktu khusus untuk diri kamu sendiri. Apa pun bentuknya selama kamu melakukannya demi diri kamu sendiri.

7. Memaafkan Diri Sendiri

Jangan lupa untuk memaafkan diri sendiri, ya. Atas apa? Atas apapun yang membuat kamu lupa menjaga kesehatan, yang membuat kamu terlalu sibuk hingga mengabaikan diri kamu sendiri. Cobalah bercermin dan berbicara pada diri kamu sendiri, apakah ada yang belum bisa kamu maafkan dari diri kamu.

Baca Juga: Cara Tepat Mengatasi Burnout

Penutup

Dengan mencintai diri sendiri, kita tidak akan lagi terganggu terhadap semua hal buruk yang orang lain katakan. Percayalah kamu sempurna dengan apa yang kamu miliki.

Tinggalkan komentar