Beranda » Cara Tepat Mengatasi Burnout

Cara Tepat Mengatasi Burnout

Pekerjaan yang numpuk dan tidak kunjung usai akan membuat gejala stres meningkat hingga mengalami burnout karenanya perlu mengatasi masalah mental satu ini dengan tepat. Hal ini karena ketika stres dibiarkan begitu saja tidak hanya mental kita saja yang sakit, kondisi fisik pun akan terkena imbasnya.
Ketika kita stres kondisi tubuh akan mudah letih sehingga daya tahan tubuh menurun. Jika sudah seperti itu virus dan bakteri akan mudah menyerang tubuh dan berbagai jenis penyakit bisa kita idap. Oleh sebab itu, penting sekali mengelola stres agar tidak semakin parah dan menyiksa.

Cara Mengatasi Burnout di Tempat Kerja

Saat otak mulai merespon ada sesuatu yang bahaya karena pekerjaan yang banyak sehingga menciptakan stres, maka kita harus segera mengatasi burnout di tempat kerja.
Adapun hal 5 hal yang dapat dilakukan dalam mengobati dan bahkan dapat mencegah burnout, yaitu:

1. Jeda Pekerjaan

Deadline pekerjaan mungkin sudah didepan mata, tetapi jangan terlalu memporsis tubuh. Jeda pekerjaan dengan istirahat sejenak untuk mengatur nafas dan menenangkan pikiran. Kita juga bisa ambil jeda untuk minum teh atau kopi favorite untuk mengembalikan mood.

2. Selesaikan Pekerjaan Satu Persatu

Terkadang kita ingin semua pekerjaan selesai dalam satu waktu. Akan tetapi, mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan bukan hal yang baik. Tidak menutup kemungkinan pekerjaan tidak ada yang selesai, melainkan stres yang semakin menumpuk. Jadi, buat kalian selesaikanlah pekerjaan satu per satu.

3.  Tulis yang Menyebabkaan Stres

Hadirnya stres terkadang tidak kita sadari, tahu-tahu sudah mengalami burnout parah. Jika mengalami hal ini coba tulisan apa yang membuat pikiran kita tidak terkendali. Minimal tulis 3 hal yang biasanya menyebabkan stres.

4. Melakukan Hal yang Ingin Dilakukan

Setelah menuliskan penyebab stres, selanjutnya adalah menuliskan apa yang kita ingin lakukan. Lalu, wujudkanlah. Seperti butuh satu hari untuk istirahat maka ajukanlah cuti atau ingin mengunjungi tempat dengan pemandangan yang lebih segar maka bisa pergi liburan ke tempat wisata yang kita inginkan.

5. Berbagi Cerita

Setuju tidak kalau pikiran sedang kalut kita hanya ingin didengar? Ceritakanlah semua keresahan yang menumpuk dalam hati pada orang yang benar-benar mampu mendengarkan kita. Entah itu keluarga,  teman dekat, bahkan psikiater. Jangan berbagi cerita dengan orang yang malah menjudge kita atau terlalu mendokrin kita harus ini-itu karena bukannya stres hilang malah semakin menjadi.
Stres mungkin tidak mudah kita hindari karena bagaimanapun otak akan merespon tanda bahaya jika ada sesuatu yang aneh walau hanya sedikit. Akan tetapi kita dapat mengelolanya dengan baik agar tidak mengalami burnout berlebihan.
Dari gejala stres seperti rasa lelah, sulit fokus,  mudah tersulut emosi dan mulai merasa tidak ada tujuan hidup maka segera atasi agar tidak terjadi burnout. Khususnya di tempat kerja, dengan mengatasi burnout maka kita akan tetap produktif dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas